- Back to Home »
- Teori Dasar , Tipe Data dan Variable »
- Tipe Data, Variable, dan Konstanta
Posted by : Unknown
Minggu, 08 November 2015
Tipe data, Variable, dan Konstanta. Setelah mempelajari algoritma, hal paling dasar
selanjutnya yang harus diketahui oleh seorang programmer adalah tipe data, variable, dan konstanta. Ketiga
komponen ini hampir selalu kita gunakan manakala kita membuat suatu program.
Tipe Data
Tipe data adalah jenis data yang mampu dikenali
dan ditangani oleh suatu bahasa pemrograman pada computer. Ada banyak tipe data
dalam bahasa pemrograman, namun ada beberapa tipedata yang umum digunakan.
Contoh :
int a = 10;
Float : Tipe data yang digunakan untuk mendeklarasikan bilangan decimal.
Contoh :
float a = 50.12;
Double : Sama seperti float namun double memiliki ukuran sebesar 48bit sehingga dapat menampung data yang lebih banyak.
Contoh :
double a = 12.12;
Char : Tipe data dasar yang terdiri atas SATU BUAH angka, huruf, tanda baca atau karakter khusus.
Contoh :
char pilihan = ‘y’;
String : Tipe data dasar yang berupa kumpulan karakter dengan panjang tertentu.
Contoh :
string nama = “Pajar Kharisma”;
PENTING !!!Dalam bahasa C, gunakan tanda petik 1 (‘) jika kita ingin memberi nilai dari tipe data char. Dan gunakan tanda petik 2 (“) jika kita ingin memberi nilai dari tipe data string
Variable
Contoh:
double panjang, lebar, luas;
Terdapat beberapa aturan dalam
penulisan variable:
- Harus dimulai dengan abjad, tidak boleh dengan angka atau simbol.
- Tidak boleh mengandung karakter spasi diantaranya.
- Jangan menggunakan simbol-simbol yang bisa membingungkan seperti titik dua, titik koma, koma, dan sebagainya.
- Sebaiknya memiliki arti yang sesuai dengan elemen data.
- Sebaiknya tidak terlalu panjang (maksimal 32-64 karakter).
Contoh Penulisan Variable
Konstanta
- Suatu nilai yang bersifat tetap.
- Jenis data untuk suatu nilai konstanta dapat berupa data angka (numeric), teks (string), boolean(true/false).
- Contoh : phi = 3.14
Cara penulisan konstanta dalam
bahasa C :
- ditulis dengan diawali dengan tanda crash (#).
- kemudian diikuti dengan define.
- selanjutnya nama konstantanya.
- selanjutnya nilainya.ditulis diluar program utama setelah pendeklarasian librari namespace.
Contoh Konstanta